Kamis, 06 September 2007

500GB Dalam 1 Keping Disc Saja

Kepingan penyimpan data terbaru saat ini, HD-DVD dan Blu-ray, ternyata bisa menyimpan data hingga 500GB! Hal ini sudah dilakukan oleh konsorsium beberapa universitas di Eropa.

Universitas Berlin (University of Berlin) bekerja sama dengan Universitas Teknologi dan Ekonomi Budapest (Budapest University of Technology and Economics) dan Universitas Politeknik Marche (Universita Politecnica delle Marche) di Italia, telah menemukan cara untuk menyimpan data sebesar 500GB ke dalam kepingan HD-DVD atau Blu-ray.

The Microholas project, nama penelitian ini, mengembangkan teknik perekaman mikroholografis menggunakan struktur nano yang ada di dalam disc ketimbang dipermukaannya (teknik yang masih digunakan hingga saat ini). Teknik baru ini memungkinkan peningkatan kapasitas maksimal dalam kepingan tersebut.

Profesor Susanna Orlic lewat wawancaranya dengan situs Jerman Pressetext, prototype 500GB ini mempunyai 50 layer, jauh lebih banyak dibanding dual-layer yang ada pada HD-DVD dan Blu-ray regular saat ini. Bahkan Orlic mengatakan tidak menutup kemungkinan teknologi ini bisa menyimpan data hingga 1TB.

Gila! Berarti nanti kita membeli sebuah HD-DVD atau Blu-ray yang berisi puluhan film dong? Asyik!

Tidak ada komentar: