Kamis, 06 September 2007

RI Berusia 62 Tahun, CD Berumur Setengah Abad

Menurut Anda, sudah berapa lama format CD hadir di dunia? Tahukah Anda, bersamaan dengan HUT RI pada tanggal 17 Agustus tahun ini, format CD telah berusia seperempat abad alias 25 tahun.

Adalah Phillips yang memelopori produksi CD di sebuah pabrik di dekat Hannover, Jerman pada tahun 1982. Penemuan CD ini memberikan revolusi luar biasa di industri musik karena kualitas suaranya yang superior dan tahan lama. Penemuan CD ini juga yang menjadi awal pergeseran teknologi analog ke digital. Phillips memperkenalkan kepingan ini pada November 1982 berisi lagu dari grup ABBA yang berjudul The Visitors. Setelah itu, tampaknya kepingan ini mengubah hidup kita.

Pada tahun 1979 Philips dan Sony bekerja sama dalam pengembangan CD. Pada tahun 1980 Philips dan Sony menstandarisasi spesifikasi teknis kepingan CD. Saat ini sudah terjual lebih dari 200 miliar CD di seluruh dunia, yang meliputi CD-Rom, CD-R, CD-RW, DVD, DVD-R, DVD-RW dan Blu-ray. Meskipun hanya setebal 1.2mm, jika seluruh CD yang diproduksi disusun, panjangnya bisa mengelilingi bumi enam kali. Luar biasa bukan?

Tidak ada komentar: