Kamis, 06 September 2007

Teleport Berhasil Dilakukan Oleh Fisikawan Australia

Ilmuwan fisika asal Australia telah menemukan sebuah metode yang bisa memindahkan atom dari Sydney ke Perth. Penemuan ini bisa menjadi batu loncatan untuk memungkinkan pemindahan (baca: teleport) seperti yang biasa kita lihat di Star Trek mungkin?

Metode ini dengan cara mendinginkan sekelompok atom dan menembakkan laser ke atom-atom tersebut. Cara ini menimbulkan efek “tampak dan hilang” sebelum memindahkan mereka lewat fiber optic dengan kecepatan cahaya ke lokasi lain dimana atom-atom tersebut akan dikonstruksikan kembali.

Cara “sederhana” untuk pemindahan atom ini dikembangkan oleh fisikawan Murray Olsen, Ashton Bradley, dan Simon Haine dari Australian Research Council Centre bidang studi Quantum-Atom Optics, serta Joseph Hope dari ANU.

Atom tadi didinginkan sampai -273C. Saat suhu mencapai miliaran di atas suhu ini, kemudian para ilmuwan tersebut akan membuat seluruh atom mengalami hal yang sama. Kemudian mereka akan menembak atom-atom tadi dengan dua laser.

Ketika atom-atom tersebut saling tumpang-tindih (dan ditembak dengan laser), atom-atom tersebut akan menghilang. Setelah itu mereka menggunakan fiber optik untuk memindahkan sinyal dengan kecepatan cahaya ke tempat tujuan.

Menurut Dr Olsen, metode ini sudah dapat digunakan di laboratorium empat tahun yang akan datang, tapi ia tidak berharap memindahkan manusia.

Bagaimana jadinya peradaban manusia setelah teleport bisa digunakan banyak orang ya?

Tidak ada komentar: